Gua Maria Talanging Sih

Gua Maria Talanging Sih

Gua Maria Talangingsih di sibuknya perkotaan

Veni, creator Spiritus, mentes tuorum visita, imple superna gratia, quae tu creasti pectora.
datanglah ya roh pencipta, Hati kami kunjungilah, Penuhilah dengan rahmat-Mu
Jiwa kami ciptaan-Mu. 
Kali ini dalam masa Prapaskah, keinginan untuk mengunjungi gua Maria tetap bernyala-nyala. sebuah kerinduan untuk bertemu Tuhan sang pencipta. tibalah saat saya mengunjugi gua Maria Talanging Sih tepatnya di kota Semarang, di sebuah pusat kota yang penuh keramaian dan hiruk pikuk orang perkotaan dengan segala kesibukan nya.

Mencari Tuhan dalam keramaian

meskipun Gua Maria Talangingsih yang berlokasi di (jalan Tegal sari VIII/IX ) tengah kota, tetapi tidak mengurangi ke khusukan saat memasuki pelataran gua Maria. dan saat menapaki Gua Maria tampak patung Yesus memberkati yang serasa menyambut dan mengaruniakan rahmatnya kepada para pengunjung Gua
Gua Maria Talanging Sih
Dan gua Maria ini tersedia juga kapel, kapel ini bernama kapel Kristus raja, dan persis disamping kapel ini tersedia alur jalan salib yang mengelilingi kapel dan mengitari pelataran Gua Maria Talanging Sih

Gua Maria Talanging Sih
Kapel Kristus Raja
Gua Maria Talanging Sih
Atribut Stasi jalan salib
Tepat di samping Kapel Kristus raja, gua Maria terletak.dan dulu konon lokasi ini ditemukan oleh pastor-pastor Jesuit. Di bekas tanah milik orang China terkaya di wilayah ini ditemukan pula sebuah mata air yang kemudian dibangun sebuah kolam kecil di depan arca Bunda Maria. pengunjung dan peziarah yang berdoa di tempat ini sambil kakinya dimasukkan ke dalam kolam konon banyak yang dikabulkan doanya. dan awal mula letak gua Maria ini adalah saat pe-renovasian Kapel. tiba-tiba ada penampakan yang di yakini bunda Maria sedang memetik mawar di lokasi patung bunda Maria saat ini.

Gua Maria Talanging Sih
Kolam di depan patung bunda Maria
Gua Maria Talanging Sih
Patung Maria
Oooo.... Adoramus Te Domine.. kami menyembah Mu Tuhan. ini aku Tuhan yang merindukan dan mencari Engkau. di sini aku datang ke hadirat Mu, sudilah melihat aku. dan tepat di sebelah kiri dari gua Maria ada patung Yesus di salibkan, dan di tempat itu banyak para peziarah berdoa dan menyalakan lilin, dan jangan khawatir akan kepanasan, karena tempat itu di tutupi atap.

Gua Maria Talanging Sih

dan bagi para peziarah yang hendak menyalakan lilin, di gua ini tersedia lilin dengan membayar seikhlasnya dan di masukkan ke dalam kotak yan tersedia.

Gua Maria Talanging Sih

Di pelataran Gua ini ada juga Gazebo tempat beristirahat bagi peziarah yang datang dari jauh, bisa juga dipakai untuk menginap


Gua Maria Talanging Sih
Gazebo
di area pelataran ini cukup nyaman dan asri, karena di area ini banyak di tanami pohon yang rindang, dan di bagian bawah pelataran doa, tersedia air suci yang dialirkan melaui keran-keran, dan bagi para peziarah dapat menggunakan air tersebut untuk membasuh, meminum dan bisa juga untuk di bawa pulang


Gua Maria Talanging Sih
Pelataran doa
Arah Menuju Gua
Dari RS Elisabeth ke arah Tegal Sari sampai di perempatan kecil tepat di sebuah tikungan tajam ambil arah lurus masuk lewat sebuah gapura kecil, kemudian belok kiri dan ketemu tulisan Gua Maria Talanging Sih.

Kordinat Gua Maria Talanging Sih : 7°00'36.5"S 110°25'40.5"E




0 komentar :

Posting Komentar