Gua Maria Ngaliyan

Gua Maria Ngaliyan, Berdevosi dan sambil bersosialisasi

Gua Maria Semarang

Kota Semarang memiliki beberapa Gua Maria, masing-masing Gua Maria ini di kelola oleh paroki maupun tarekat yang berbeda-beda, sebelumya ada Gua Maria Talanging Sih di daerah jalan Kawi (dekat rumah sakit St.Elisabeth) yang dikelola oleh Paroki Atmodirono, dan Gua Maria Kerahiman Ilahi yang berada di daerah Banyumanik, di bawah naungan Bruderan CSA.dan satu lagi adalah Gua Maria Ngaliyan, sesuai dengan namanya berada di daerah Ngaliyan, yang dikelola oleh Panti Asuhan Wirakrama Putra. 

Panti Asuhan Wira Krama Putra

Setelah saya memasuki area parkiran di Panti Asuhan Wirakrama Putra, ada seorang anak yang dengan senang hati mengantar saya ke lokasi Gua Maria, dan anak yang mengantar saya itu dengan jalan yang tergopoh-gopoh dan kurang stabil (karena anak itu seorang difabel) tetapi dengan senyuman dan semangat mengantar saya, sambil melewati lorong bangunan panti ada beberapa anak kecil sedang bermain dan beberapa lagi sedang minum dari botol minuman nya. tidak ada wajah kesedihan dimata mereka.
Memang panti asuhan ini pertama kali di dirikan pada tahun 1967 oleh seorang pastur Belanda yang berkarya di Kuskupan Agung Semarang. yang merasa iba karena melihat anak-anak yang terlantar karena orang tua mereka di tahan sebagai tahanan politik karena di curigai sebagai anggota PKI. para pengurus dari panti asuhan ini beragama katolik dan pendidikan moral yang berlaku di panti asuhan ini juga berakar dari katolik, tetapi panti ini tidak memaksakan kepada anak-anak asuhan nya yang berada di panti ini untuk memeluk agama katolik, mereka diberi kebebasan untuk memilih agama yang di anutnya. 

Gua Maria

Gua Maria ini bernama Gua Maria Ngaliyan, yang berada di jalan Wismasari Selatan no.5, tepatnya masih satu kompleks dengan Panti Asuhan Wirakrama Putra dan Gereja St.Henricus. letaknya berada di belakang panti asuhan dan di belakang gereja.

Gereja St Henricus
Kalau anda mengunjungi Gua Maria bisa mengkasesnya melalui Panti asuhan Wirakrama Putra, dan bagi anda yang membawa kendaraan bisa parkir di halaman gereja St.Henricus pada hari minggu, tetapi kalau anda mengunjungi Gua Maria ini di hari biasa anda cukup memarkirkan kendaraan di parkiran Panti asuhan Wirakrama putra dan mengkases Gua Maria melalui lorong panti tersebut

Gua Maria Ngaliyan
Jalan Ke Gua Maria Ngaliyan
Gua Maria ini memiliki taman yang lumayan luas, dan disekitarnya di tumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga menimbulkan suasana yang sejuk dan teduh, apalagi jarak dari Pelataran Gua ke jalan raya cukup jauh, dan terutama hari biasa suara dan volume kendaraan yang lalu-lalang sedikit dan membuat kita yang berziarah disini terbantu untuk menenangkan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari yang padat dan suasana kota yang ramai.

Gua Maria Ngaliyan
Gua Maria Ngaliyan
Di lokasi Gua Maria ini tersedia beberapa bangku taman yang terbuat dari batu tepat di bawah pepohonan yang di buat menghadap Gua Maria sehingga menambah nilai ekstetik dari Gua Maria ini. dan membuat pengunjung merasa nyaman meski di siang hari yang terik

Gua Maria Ngaliyan
Bangku Taman
Di sekitaran taman ini juga di tumbuhi rumput hijau yang terawat, meski ada beberapa sudut rumput tidak tumbuh karena terinjak oleh kendaraan yang lalu-lalang dan menyebabkan becek pada saat musim hujan.

Gua Maria Ngaliyan
Replika Bunda Maria Lourdes
Menurut ceritanya, Gua Maria ini konon meniru Gua Maria yang berada di Lourdes, semoga saja kekuatan doa dan mukjizat yang terjadi disini sama juga dengan yang ada di gua Maria Lourdes sana.


Gua Maria Ngaliyan
Altar Dan Bunda Maria
Gua Maria ini belum tersedia Rute jalan salib sehingga bagi anda yang hendak melaukan jalan salib disini belum bisa melaksanakannya, semoga saja dalam waktu dekat ini pengelola membangun dan mempersiapkan stasi jalan salib. tetapi meskipun belum ada rute jalan salib, di sebelah gua Maria ini ada sebuah patung Yesus yang tersalib tepat di bawah sebuah pohon yang rindang

Gua Maria Ngaliyan

Akomodasi

Bagi anda yang hendak berjiarah disini harus mempersiapkan segala sesuatunya, karena di Gua Maria ini tidak tersedia Toko Rohani yang melayani kebutuhan devosi peziarah, sehingga apabila anda hendak menyalakan lilin, berdoa devosi maupun memberikan karangan bunga, diharapkan anda membawanya dari rumah. untuk peziarah yang setelah berdoa dan berdevosi di lokasi Gua Maria ini hendak makan, di lokasi ini tidak tersedia warung makan, warung makan yang terdekat adalah di sekitar pasar Ngaliyan, untuk mengaksesnya kita harus turun lagi ke jalan besar sewaktu berangkat ke Gua Maria. dan bagi anda para Peziarah yang backpaker hendak menginap disini tersedia kamar mandi yang terletak di halaman gereja.

Gua Maria Ngaliyan
Halaman Gereja
Gua Maria Ngaliyan

Bagi anda yang hendak membagi rezeki anda tersedia beberapa kotak sumbangan untuk membantu pengelola untuk membangun dan merawat Gua Maria ini, dan saya berharap jangan cuma berkunjung dan berdoa saja di Gua Maria ini, tetapi sisihkan berapa saja uang anda untuk membantu pengembangan Gua Maria ini. Uang anda membantu dan menambah semangat dari pengelola untuk meningkatkan pengembangan Gua Maria ini

Gua Maria Ngaliyan
Kotak Dana
Seperti kebiasaan kalau di hampir setiap Gua Maria tersedia Air suci, yang dimana air suci bagi para peziarah umat katolik yang sedang berziarah ke Gua Maria biasanya memanfaatkan air suci tersebut untuk sekedar membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh, ada juga yang meminum air suci tersebut langsung dan ada juga yang membawa air suci tersebut ke rumahnya masing-masing.  dan di Gua Maria ini tersedia air suci yang di alirkan melalui keran-keran air yang berada di samping patung Bunda Maria.

Gua Maria Ngaliyan
Air Suci

Saling Berbagi

Apabila anda selesai berdoa dan berdevosi di Gua Maria ini, ada baiknya kalau anda juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Panti asuhan ini, sekedar menyapa, bersenda gurau dengan anak-anak di panti itu, atau kalau memang anda memiliki rejeki yang berlebih donasikanlah beberapa rejeki anda tersebut, memang tidak banyak tetapi cukup membantu anak-anak panti tersebut.

Jalan Menuju Lokasi

untuk mencapai tempat ini, anda melalui jalan Walisongo (semarang_kendal), belok kiri ke arah ngaliyan. terus maju kira-kira 500 meter sampai ke apsar ngaliyan, dan setelah pasar ngaliya, belok kiri. dan pada pertigaan pertama belok kanan (ada Toko bangunan) dan jalan menanjak, beberapa meter ada papan petunjuk panti asuhan masuk saja melalui panti asuhan tersebut dan parkir di halaman panti asuhan tersebut.

Kordinat Lokasi

Gua Maria Ngaliyan : 6°59'59.8"S 110°20'47.3"E
Gereja St Henricus : 7°00'01.0"S 110°20'48.8"E


Lihat Foto lebih banyak disini






0 komentar :

Posting Komentar