Gua Maria Taroanggro: Gua yang diapit Gunung Sindoro dan Sumbing

Di daerah Wonosobo ternyata memiliki sebuah Gua Maria yang diberi nama Gua Maria taroanggro. Gua Maria ini terletak di Jl Raya wonosobo- temanggung km 17 dsn Anggrunggondok Rw01/Rt 08, Reco, Kertek 56371, Wonosobo Jawa Tengah. apabila kita hendak ke dataran tinggi Dieng maupun dari Dieng akan melewati Gua Maria ini. Gua Maria Taroanggro diberkati oleh uskup keuskupan Purwokerto pada 12 Juni 2010 dan diresmikan oleh Bupati Wonosobo pada tanggal yang sama.

Awal mula

Kisah Gua Maria Taroanggro berawal dari tahun 2008 ketika penduduk reco dan sekitarnya yang gagal dari tahun ke tahun dalam pertanian tembakau, hingga muncul ide membuat taman wisata. Tanah Keuskupan di Anggrung Gondok kemudian dibangun untuk taman Taroanggro Hati kudus. Pada 2011, dibangun Goa Maria, dan diberkati oleh RM Sumpama pada 30 Oktober 2013. Akhir bulan April 2013, dukungan pemerintah dan agama-agama di Wonosobo kelihatan dengan kegiatan penghijauan di lahan perluasan Taroanggro.

Taman Rohani

Taroanggro lokasinya tidak jauh dari Kebun Teh dan Kledung Pass. Jadi pengunjung dapat pula berkunjung ke kedua tempat tersebut bila mengunjungi Toroanggro. Lokasi Gua Maria ini cukup unik dan menarik, karena lokasinya di antara Gn Sindoro dan Sumbing, sehingga para peziarah yang berkunjung di lokasi ini dapat menikmati pemandangan kedua gunung tersebut dan ditambah dengan hawanya yang sejuk.

Gunung Sumbing dari kejauhan

Keadaan Lokasi

Gua Maria Taroanggro memiliki beberapa bagian yang ditawarkan untuk para peziarah yang berkunjung untuk berdoa maupun berdevosi di lokasi ini. setelah berjalan dari area parkiran, para peziarah akan berzalan sedikit menanjak melalui jalan setapak dan akan melewati sebuah taman yang bernama Taman Santa Petronela. di taman ini para peziarah dapat memulai devosi nya dengan berjalan salib. dan di taman tersebut telah tersedia stasi jalan salib yang membantu para peziarah dalam merefleksikan kisah sengsara Yesus.

Taman Santa Petronela

Stasi jalan Salib
Gua Adorasi, Gua ini terletak disamping lokasi Gua Maria yang letaknya "tersembunyi" karena Gua Adorasi ini seperti di bawah bukit yang memang menyerupai Goa yang terletak persis di bawah Patung Yesus yang sedang Berdoa

Patung Yesus Berdoa di taman Getsemane

Suasana Ruang Devosi

Taman Hati Kudus, taman yang terletak di bagian paling atas dari lokasi Gua Maria ini. secara kontur, memang Gua Maria ini merupakan lahan yang miring dan berbukit. untuk menuju Taman Hati Kudus ini kita harus berjalan menyusuri jalan setapak dan menaiki tangga demi tangga.

Petunjuk di Gua Maria Taroanggro

Patung Hati Kudus

Hati kudus dan Bunda Hati kudus, terletak di belakang bagian Taman Santa Petronela dimana Model patung ini di ambil dari basilika Issoudan Perancis. di taman ini tersedia meja altar untuk digunakan saat misa, dan tepat di bawah meja altar tersebut terdapat sebuah tulisan prasati kepada Bunda Hati Kudus.

Bunda Hati Kudus

Memorae pada Bunda Hati Kudus

Sedangkan Pelataran Gua Maria ada tepat diantara Bunda Hati Kudus dan taman hati Kudus, Patung Bunda Maria ini menyerupai Patung Bunda Maria Lourdes Sendangsono, dan patung terletak di bagian atas dari pelataran doa. Dibangun pada tahun 2011 di atas area tanah sumbangan ibu Elisabeth Sosrowardoyo, sebagai persembahan donatur utama Handy Sudarta diberkati oleh Rm Sumpana pada tgl. 30 Oktober 2011.

Pelataran Gua Maria

Patung Bunda Maria di Taroanggro

Akomodasi dan Akses

1. Gua Maria ini memiliki banyak taman, dan di berbagai titik di taman telah tersedia beberapa pendopo, yang bagi peziarah yang berkunjung kesana disebut pondok Sharing. yang dapat digunakan untuk tempat beristirahta sejanak, berdiskusi maupun berteduh dari sengatan matahari
  2. Gua Maria ini memiliki fasilitas yang lengkap. untuk mendukung peribadatan maupun devosi para peziarah dapat membeli peralatan ibdat berupa lilin maupun yang lainnya pada kios diberkati yang terletak di dekat lokasi parkiran
  3. tersedia sarana air suci yang dapat digunakan para peziarah yang hendak membasuh, minum maupun untuk dibawa pulang.
  4. bagi para peziarah yang hendak MCK tersedia kamar mandi yang terletak dilokasi Gua Maria Taroanggro
  5. bagi peziarah yang tiba-tiba lapar tersedia kantin yang terletak di dekat lokasi parkiran di Gua Maria Taroanggro ini.
  6. untuk menuju lokasi ini para peziarah dapat mengaksesnya melalui kendaran umum maupun pribadi dengan melewati rute Wonosobo-Dieng. dari arah wonosobo di sekitar km.17 sebelum jembatan yang satu arah ada sebuah pertigaan. di pertigaan itu ada petunjuk arah Gua Maria Taroanggro (ambil kanan) dan menyusuri jalan yang berbatu dan jalan ini menunutn sampai di lokasi Gua Maria.

Mutiara Adorasi

Pemberkatan taman Santa Petronela

Kegiatan

1. Misa Novena diadakan pada bulan September-Mei setiap Minggu IV yang dimulai pada jam 10 pagi.
  2. Misa Kudus diadakan pada setaiap hari minggu jam 10 pagi.
  3. Misa Jumat Kliwon diadakan pada hari kamis malam yang dimulai pada pukul 07 malam
  4. untuk misa Jumat pertama di adakan pada Kamis malam yang dimulai pada pukul 05 Sore
  5. Misa PEMBUKAAN/PENUTUPAN bulan Maria Mei/Oktober dimulai pada pukul 06 sore
  6. Peringatan Hari ulang tahun Gua Maria Taroanggro pada hari Sabtu/Minggu sesudah Hari Raya Hati Kudus pada pukul 10 pagi.

Patung Bunda Maria

Patung Hati Kudus Yesus

Kordinat Lokasi :

7°20'53"S 110°0'47"E

Lihat Foto Lebih banyak disini.

17 komentar :

Unknown mengatakan...

Boleh juga...ada saran akomodasi penginapan yg dekat lokasi ziarah tsb?

MyVvi mengatakan...

mau berkunjung ke tempat ini, makasih infonya :)

Unknown mengatakan...

Aku ingin ber rekoleksi dgn teman2 sewilayah bagaimana prosedurnya?

Monggo yang mau ziarah ke taro anggo sambil berwisata di sekitarnya bisa sama saya heehehe follow IG @beat_packer maturnuwun, berkah dalem.

Jeng Tito mengatakan...

Saya akan berjiarah tgl 3 november 2019 bersama Bunda Maria untuk memberikan kelancaran d berkatNya atas doa dan harapan saya. Berkah dalem aamiinπŸ™πŸ™

Saya akan berjiarah tgl 3 november 2019 bersama bunda Maria mohon atas segala doa yg terucap dan tak terucap untuk selalu memberikan berkah dan berkatNya aamiin. Berkah dalemπŸ™πŸ™

Unknown mengatakan...

Apakah kontak person Yg bisa dihubungi?

Saya akan datang akhir Maret 2020 dan mohon informasi untuk jumlah oejiarah sampai 100 penginapan yg dekat dan memadai TKS Bdg

Ada penginapan terdekat

Unknown mengatakan...

Bagus sy baru tahu ,semoga sy bisa datang kesini...tapi saat ini apakah sdh dibuka secara normal ..atau pengunjung terbatas...semoga Tuhan mengabulkan doa kami

Theo mengatakan...

Di tempat itu sudah disediakan penginapan yg nyaman dengan jumlah kamar yg cukup banyak dan harganya viatiatf mulai sari 75.00/orng

Anonim mengatakan...

Semoga rencana Ziarek tgl 17 Juli nanti seturut dengan kehendak NYA

Baik. . Ini menarik πŸ™πŸ»

Veronica Lien mengatakan...

Sudah dibuka normal. Kami dari Bogor baru berkunjung 10 Mei 2023, menginap di Homestay Ngaso Dalem, tengah kota Wonosobo, 31 menit dari Taman Doa Taroanggro. Taroanggro ini menjadi salah satu tujuan ziarah 9 GM untuk melakukan Novena Roh Kudus.

Anonim mengatakan...

Km sekel akan bergabung di Ziarek Taroanggro dan HUT Taroanggro ke 13nTahun 2023 ini. Sampai Jumpa πŸ˜‰