Gua Maria Pereng Getasan

Menikmati kesunyian malam di Gua Maria Pereng



Perjalanan ke Gua Maria Pereng kembali kami tuliskan lagi dalam blog ini, setelah kunjungan sebelumnya disini. hari itu setelah mengikuti Ibadat sore hari di pertapaan Gedono, kami melanjutkan perjalanan menyusuri desa yang terhubung langsung menuju Gua Maria Pereng yang berlokasi di Dusun Jampelan, Desa Getasan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. menyusuri jalan beraspal mulus dan jalanan yang gelap tanpa lapu penerang jalan, akhirnya sampai juga di Gua Maria Pereng.

Nama Pereng diambil dari bahsa jawa yang berarti miring,karena lokasinya memang berada di tanah yang berbukit dan miring yang terletak di sebelah Utara lereng Gunung Merbabu.awal mula berdirinya Gua Maria ini bermula dari impian, inisiatif dan kemurahan hati seorang umat di Jogja, namanya Soeryono. Pada 20 Februari 2009, Soeryono menghibahkan tanah seluas 4.637 meter persegi kepada Gereja Katolik. Ia bercita-cita tanah itu bisa dimanfaatkan untuk pengembangan iman umat di wilayah itu.dan tempat itu sangat cocok apabila di gunakan warga atau umat untuk bermeditasi dan berdoa.


Gua Maria Pereng Getasan
Gua Maria dimalam hari

Gua Maria Pereng dimalam hari tampak lebih hening dan damai, tidak ada peziarah selain kami dan beberapa petugas keamanan yang berada di lokasi ini. suasana yang sepi di temani angin dan cuaca yang dingin membantu kami untuk masuk kedalam kedamaian doa. memang niat dan cita-cita umat sekitar yang ingin membuat sebuah tempat doa dan meditasi tidak sia-sia. meditasi sejenak melepaskan beban dan penat di Jiwa dapat langsung segar kembali setelah meditasi di tempat ini.

Gua Maria Pereng Getasan
Suasana Malam Hari
Bagi anda yang sering mencari kedamaian dan tempat meditasi, bisa mencoba sekali-sekali datang ke lokasi ini pada malam hari dan mencoba ke sunyian dan aura kedamaian di malam hari di Gua Maria ini.

Gua Maria Pereng Getasan
Bunda Maria
Atau bagi anda seorah peziarah yang sering menginap atau bermalam di Lokasi Gua Maria, tempat ini tersedia beberapa pendopo yang bisa anda gunakan untuk menginap.

Gua Maria Pereng Getasan
Gua Maria Pereng
Akses Lokasi


Bagi anda yang menaiki kendaraan pribadi, cukup melewati jalur alternatif salatiga, ambil kanan menuju Kopeng, melewati Agrowisata Salib putih, dan terus keatas sampai ketemu Gereja Katolik di kiri jalan, kira-kira beberapa ratus meter ada perempatan, dan ada Plank petunjuk lokasi gua Maria Pereng, dan belok ke kiri, jalan terus beberapa meter, dan lokasi di kiri jalan

Bagi yang menaiki kendaraan umum, naik bis sampai pasar sapi salatiga, kemudian naik angkot elf menuju kopeng, bilang turun di perempatan koramil getasan , nanti tinggal berjalan beberapa meter menuju Gua Maria Pereng.


Kordinat Lokasi

S7°22'36.8" E110°26'38"

1 komentar :

stenote mengatakan...

Blog yang menarik, membangkitkan kenangan akan Lourdes, melihat para pejiarah berkunjung untuk dibersihkan dari dosa-dosa dan disembuhkan dari penyakit mereka.
Saya juga mencoba menulis blog tentang tempat ini, semoga anda suka: http://stenote-berkata.blogspot.com/2019/07/ave-maria-di-pagi-hari-di-lourdes.html

Posting Komentar