Gua Maria Penadaran

Gua Maria Penadaran, menyepi ditengah hutan jati


Gua Maria Penadaran merupakan sebuah Gua Maria yang secara geografis terletak di tegah hutan Jati yang sangat terawat dan berada dalam lingkup perhutani. Gua Maria Penadaran ini terletak di desa Pendaran kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.  Gua Maria Penadaran atau yang sering dikenal dengan Gua Maria Sendang Jati ini  semula adalah merupakan sebuah Sendang Wadon dan Sendang Lanang yang terletak di Bukit Bayang Kaki dengan ketinggian kurang lebih 107 meter dari permukaan air laut. Arah mata angin di Timur Laut daru Dukuh, Bantengan Desa Penadaran Kec. Gubug Kab. Grobogan, 528 m dengan keadaan di tengah hutan jati KRPH Desa Gelapan. Kawasan ini pada tahun 1942, merupakan salah satu tempat yang angker. Namun, perkembangan jaman membuat keangkeran tempat tersebut berangsur-angsur pudar.

Pada Tanggal 21 November 2008 yang bertepatan juga dengan hari pangan sedunia dilakukan peresmian dan pemberkatan Gua Maria Sendang Jati oleh Uskup Agung Semarang Mgr. I. Suharyo yang dihadiri oleh Paroki, LPUBTN-KAS bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Yayasan Marsudirini, Dinas Kehutanan Propinsi, Pemda Kabupaten Grobogan, dan instansi-instansi terkait lainnya. Peresmian ini juga disemarakkan dengan kegiatan penanaman 10.000 pohon oleh seluruh warga desa Penadaran.

Gua Maria Penadaran
Gua Maria Penadaran

Dari waktu ke waktu Gua Maria ini mengalami banyak pengembangan dan pebangunan yang semakin besar dan semakin terawat. dan Tanggal 16 Agustus 2013, diadakan acara misa pemberkatan kembali untuk Gua Maria Sendang Jati Penadaran  serta kegiatan penanaman pohon disekitar Goa Maria. 


Kondisi Lokasi

Bagi peziarah yang hendak datang ke Gua Maria Penadaran, apabila membawa kendaraan pribadi roda 4 dapat memarkirkan kendaraan nya pada lapangan voli yang terdapat di depan jalan setapak untuk jalan salib, sedangkan pemilik kendaraan roda dua dapat membawa kendarann nya lebih dekat lagi ke lokasi Gua Maria dengan melewati jalan setapak yang digunakan peziarah untuk jalan salib, dan bagi pengguna kendaraan roda dua dapat memarkirkan nya persis di depan lokasi Gua Maria.

Gua Maria Penadaran
Stasi jalan salib
Sendang Wadon yang ditampung dan membentuk Kolam dan pohon jati yang besar berada di tengah kolam sendang tersebut. Gua Maria Penadaran in dalam beberapa waktu sebelumnya (pada bulan juni-juli) menjadi pusat acara dari kongres Ekaristi Keuskupan Agung Semarang yang ketiga. Gua Maria yang secara Geografis berada di pebukitan dan kawasan hutan jati ini mengajak para umat yang berziarah pada tempat ini.

Gua Maria Penadaran
Kolam Sendang
Lokasi parkir yang tersedia di dekat pemukiman warga yang diperuntukkan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat untuk para peziarah, tidak jauh dari lokasi parkir ini ada pintu masuk bersamaan dengan jalur dimulainya jalan salib mengawali para peziarah untuk berdoa dan bedevosi ke gua Maria ini, jaln setapak dan menanjak dan di temani pemandangan perbukitan dan alam skitar tidak terasa membawa para peziarah sampai pada lokasi pelataran doa yang asri dan sunyi.

Gua Maria Penadaran
Pelataran doa 
Stasi Jalan salib yang di desai dengan arsitektur unik yang menyerupai gunungan wayang menambah dari nilai kekharakteristikan yang unik dari Gua Maria Sendang Jati Penadaran ini. Jalan setapak pada jalan salib ini menuntun para peziarah melewati stasi demi stasi jalan salib sampai pada patung Yesus di salib dan La pietta. 

Gua Maria Penadaran
La Pietta
Gua Maria Sendang Jati Penadaran yang telah dibahas sebelumya diatas, memiliki karakteri berbukit-bukit dan kontur yang miring. saat pertama sampai di bagian pelataran bawah para peziarah akan menemukan sumber mata air yang membentuk sebuah kolam, pada bagian ini para peziarah dapat menggunakan air suci ini untuk diminum, bilas atau untuk dibawa pulang.susunan-susunan rapi silinder beton yang membentuk susunan beberapa anak tangga yang menghubungkan antara pelataran bawah dengan pelataran atas.

Gua Maria Penadaran
Paving yg tersusun menjadi tangga
Pada bagian pelataran atas ini, lokasi pelataran doa sangat luas dan dapat menampung ratusan peziarah dan disekeliling pelataran ini terdapat pohon-pohon rindang dan berukuran besar yang menutup pelataran ini dan memberi kesejukan dan kenyamanan bagi para peziarah yang berdoa  di lokasi Gua Maria ini.

Gua Maria Penadaran
Pelataran doa
Yang menjadi keunikan lagi dari Gua Maria ini terdapat tatakan lilin yang disusun rapi disekitar meja altar yang dapat digunakan para peziarah yang menyakan lilin dipelataran doa di Gua Maria. salah satu uniknya dari meja altar ini adalah di bagian bawah meja ada susunan batu yang tertata rapi melambangkan ikan dan roti. tepat di belakang meja altar ini terdapat Patung Bunda Maria yang bertahta pada bagian atas. para peziarah juga dapat langsung mendekat menuju di depan patung Bunda Maria dengan menaiki jalan tangga paving silinder tersusun rapi seperti tangga penghubung antara pelataran bawah dengan atas.

Gua Maria Penadaran
Altar dan Gua
Pada Bagian pelataran Gua Maria yang paling atas ini, tempat atau lokasi doa tidak begitu luas. Gua yang disusun dari bebatuan alam menambah nilai dari eksotisme Gua Maria ini. tepat didepan patung Bunda Maria ini, para peziarah dapat menyalakan lilin disini. 

Gua Maria Penadaran
Bunda Maria
Disamping dari pelataran Gua Maria ini ada beberapa anak tangga yang menghubungkan Gua Maria dengan pelataran Jalan salib dan juga pelataran patung La Pietta.   

Gua Maria Penadaran
Pelataran doa La pietta

Tepat diatas La Pietta ini terdapat patung Yesus di dalam gunungan wayang yang unik tersusun dari bebatuan alam. kalau peziarah hendak menuju patung Yesus disalib ini, para peziarah berjalan meniti jalan setapak dan menanjak, belum tersedia jalan setapak menuju lokasi ini.

Gua Maria Penadaran
Patunng salib Yesus

Akomodasi

Setelah dibahas sebelumnya, peziarah dapat memarkir kendaraan pada lokasi parkiran dibawah, tetapi apabila peziarah yang memakai kendaran roda dua dapat membawa kendaraan nya menuju atas tepat di pelataran Gua Maria.

Gua Maria Penadaran
Prasati peresmian
Bagi pezirah yang hendak makan, minum maupun membeli perlengkapan devosi telah tersedia beberapa toko dan warung yang dikelola penduduk sekitar berada di pelataran parkir bawah maupun di dekat pelataran doa bawah.

Pepohonan yang rindang menemani para peziarah dan menambah khusyukan bagi para peziarah, tetapi ada juga tersedia beberapa pendopo di beberapa titik yang diperuntukkan bagi para peziarah yang hendak beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.

Gua Maria Penadaran
Pendopo di pelataran
Para peziarah dapat mempergunakan air suci yang tersedia tepat sebelum para peziarah menaiki tangga menuju pelataran atas. air suci yang dialirkan melalui bambu dan memebntuk sebuah kolam sehingga menambah keunikan dari Gua Maria ini.

Bagi para peziarah yang hendak MCK tersedia kamar mandi di Gua Maria ini tepatnya di pintu masuk sebelum menuju pelataran bawah dan di depan air suci (sendang). 

Gua Maria Penadaran
Kolam Sendang
Karena karakteristik Gua Maria Sendang Jati yang merupakan hutan dan biasanya di penuhi oleh serangga seperti nyamuk, para peziarah yang alergi atau sensitif dengan gigitan nyamuk hendaknya menyediakan lotion anti nyamuk sebelumnya.    

Untuk menuju lokasi Gua Maria ini belum tersedia kendaraan umum, dan jalan menuju lokasi ini belum sepenuhnya mulus, bahkan berbatu maupun paving. para peziarah hendaknya mempersiapkan kendaraan nya terlebih dahulu. 

Kordinat Lokasi

7°07'47.1"S 110°41'48.9"E

Lihat foto lebih banyak disini

8 komentar :

Eve mengatakan...

Tahun baru 2016 saya main ke gua maria Penadaran ini, jalan desa lokasi masih jelek sekali, tapi terobati dengan jalan ke lokasi yang berpemandangan indah. Tapi bonus terbesar gua Maria ini terletak di kebun dan bukit belakang gua. Ada bukit dengan satu pohon besar yang terlihat dari belakang patung pieta. Untuk menuju ke sana kita harus nerabas kebun jagung dan manjat bukit, lumayan jauh dan melelahkan tapi pemandangannya indah pake banget :)

Unknown mengatakan...

Oke banget deh

Unknown mengatakan...

Saya kepengi ziarah ke gua maria Penadaran untuk berdoa bersama bunda Maria.

Unknown mengatakan...

Satu hari nanti sy pasti datang ke sini

Anonim mengatakan...

Apakah gua Maria penasaran malam hari masih dibuka?

Anonim mengatakan...

Kalau ada yg berkenan ke goa Maria Panadaran,saya anjurkan bawa bibit pohon supaya lebih asri lagi

Anonim mengatakan...

Tempat yg sunyi dan tenang enak utk kita berdoa pd Bunda Maria

Anonim mengatakan...

Tempat yg sunyi dan tenang enak utk kita berdoa pd Bunda Maria

Posting Komentar